Minggu, 25 Oktober 2015

Cara Mudah Mengoptimalkan RAM PC/Laptop

Mungkin bagi anda yang merasa sudah menggunakan RAM pada PC / Laptop sudah besar merasa heran ketika kinerja PC / Laptop anda ternyata masih kurang maksimal. Laptop dengan RAM yang besar harusnya juga bisa memberikan dampak positif pada laptop kita. 

Tetapi perlu kita ketahui, bahwa RAM yang besar pun belum cukup untuk mengoptimalkan kinerja PC / Laptop kita. Kita juga harus mengoptimalkan kinerja pada RAM itu sendiri, agar semua menjadi lancar. Berikut beberapa cara yang bisa anda coba untuk mengoptimalkan RAM pada PC / Laptop anda.

1. Gunaka Fungsi Task Manager

Salah satu trik paling simple adalah menggunakan Task Manager untuk memonitoring RAM kita. Dengan Task Manager kita bisa melihat seluruh proses yang berjalan di PC kita. Kita bisa melakukan sorting dari penggunaan RAM dari yang terbesar hingga yang terkecil. Untuk membuka task manager pada windows yaitu dengan klik kanan pada task bar dan pilih task manager. Maka, anda akan mendapat sebuah jendela tampilan keseluruhan proses pada PC anda.


2. Melakukan Disable Startup Apps

Langkah berikutnya setelah kita memantau kinerja pada PC kita, aplikasi start up merupakan seluruh program yang otomatis akan dijalankan ketika komputer dihidupkan. Semakin banyak program yang dijalankan, tentunya proses juga akan semakin berat. Maka dari itu kita perlu melakukan disable start up. Jika anda menggunakan windows 8, anda bisa melakukannya pada tab start up pada menu task manager, atau menggunakan msconfig jika anda menggunakan windows 7, dan jika anda adalah pengguna linux bisa melihat keseluruhan start up dengan cara:
1. sudo -i
2. cd/etc/xdg/autostart
3. sudo sed -in-place's/NoDisplay=true/NoDisplay=false/g' *desktop

Tapi bagi pengguna linux jika melakukan hal tersebut diatas harus berhati-hati karena terkadang aplikasi yang ada berhubungan langsung dengan sistem operasi tersebut.

3. Menggunakan Bantuan Aplikasi Pihak Ketiga

Untuk mengoptimalan RAM kita juga bisa menggunakan aplikasi pendukung seperti CC Cleaner untuk pengguna windows atau aplikasi Tweak untuk pengguna Linux, atau aplikasi lain yang bisa membantu RAM agar bekerja lebih optimal.

0 komentar:

Posting Komentar