Rabu, 13 Januari 2016

Mengenal Cloud Storage

Sering kali kita mendengar istilah "Cloud Storage". Mungkin bagi beberapa orang sudah sangat paham dan sering menggunakan juga. Namun ada juga yang belum begitu paham apa yang dimaksud dengan Cloud Storage. Penyimpanan Awan? Apakah kita akan menyimpan data di atas awan? 

Selama ini kita sering menyimpan data kita dalam Harddisk, Flashdisk, CD, dan lain-lain. Namun sekarang ini seseorang tidak hanya mempunyai 1 gadget. Misal kita mempunyai data di Laptop namun kita ingin membukanya di Smartphone, kita harus memindahkan data terlebih dahulu dari Laptop ke Smartphone. Belum lagi jika kita ingin membuka dari gadget kita yang lain. Tentu akan sedikit merepotkan. Dengan Cloud Storage ini kita seolah punya ruang penyimpanan khusus yang bisa kita akses dari mana saja asalkan ada jaringan internet. 

Beberapa keuntungan menggunakan Cloud Storage yang bisa kita dapatkan diantaranya sebagai berikut:
  • Anda dapat mengakses data Anda yang tersimpan pada Cloud Storage dari manapun dan kapanpun, selama ada koneksi internet.
  • Anda tidak perlu repot-repot membawa banyak CD atau membawa hard disk eksternal, karena data Anda tersimpan pada database virtual.
  • Jika diperlukan, Anda dapat berbagi data Anda yang tersimpan pada Cloud Storage dengan mudah.
Namun disamping memiliki keuntungan, menyimpan data di Cloud Storage juga punya kelemahan. Kelemahan yang paling utama terletak pada hal keamanan. Untuk menyimpan data Anda pada Cloud Storage ini tentunya Anda diharuskan membuat sebuah akun. Setiap akun dilindungi oleh password yang bisa saja diketahui orang lain jika Anda tidak berhati-hati, sehingga besar kemungkinan akun Anda dapat dibuka oleh orang lain. Kelemahan lain adalah gangguan yang terjadi pada saat mengakses data Anda pada Cloud Storage, hal ini dapat disebabkan oleh koneksi internet yang bermasalah atau server yang sedang down. Yang terakhir, untuk mengakses data Anda pada Cloud Storage diperlukan koneksi internet, sehingga tanpa koneksi internet Anda tidak dapat mengakses data Anda. 

Sampat saat ini terdapat beberapa provider yang menyediakan layanan Cloud Storage yang mungkin familiar di telinga Anda, namun Anda tidak menyadari kalau layanan yang mereka berikan itu merupakan layanan Cloud Storage. Beberapa diantaranya adalah Evernote, Google Docs, Flickr dan Picasa, RapidShare, 4Shared, dan masih banyak lagi.



0 komentar:

Posting Komentar