Selasa, 05 Januari 2016

Penyebab dan Cara Mengatasi Baterai Laptop yang Tidak Bisa Terisi 100%

Baterei tidak bisa terisi penuh walaupun sudah dicharge berjam-jam? Walaupun jarang tapi hal ini bisa terjadi. Jika kita mengalaminya pasti akan membuat kita bertanya - tanya mengapa tidak bisa terisi 100%? Apa yang salah dengan Laptop kita?Berikut akan kami bahas mengenai baterei laptop yang tidak bisa terisi 100%.


Penyebab Baterai Tidak Kunjung Penuh

biasanya hal ini terjadi karena beberapa faktor yang mempengaruhi, diantaranya :
  • Gangguan listrik. Seringnya mati lampu dan tidak stabilnya listrik membuat ketahanan baterai cepat menurun karena pasokan yang masuk tidak sesuai dengan daya tampung yang ada sehingga mengakibatkan baterai mengalami malfungsi.
  • Membiarkan Laptop mati karena kehabisan baterai. hal ini yang sayangnya masih sering di anggap lumrah oleh kita. padahal sebenarnya betari laptop mempunyai counter limit penggunaan berapa kali kita melakukan charge. 
  • Critical Battery Level yang terlalu rendah. pengaturan critical battery level di bawah 5% dapat menyebabkan kondisi baterai tidak tahan lama. Sebaiknya Critical Battery Level diatur minimal 10%

Solusi Pengisian Baterai Laptop yang Tidak Terisi Penuh 

Setelah kita mengetahui penyebab dan faktor terjadinya hal ini, kali ini akan kita bahas bagaimana cara yang dapat kita lakukan agar umur baterai dapat bertahan lama kembali terisi penuh.

1. Biasakan untuk langsung melakukan Charge baterai sebelum benar - benar mati. Hal ini untuk memperpanjang cycle counter yang ada pada baterai laptop.

2. Ubah Critical Battery Action menjadi Hibernate jadi pada saat batre sudah habis, otomatis komputer akan melakukan hibenasi dan data kita aman karena tersimpan.

3. Ubah nilai Critical Battery Level di atas 5% dan low battery level menjadi 10%. Berikut cara merubahnya:

Untuk Windows 7 :
Klik tombol Start > Control Panel > Security > Power Options. lalu pada pilihan "Select a power plan" klik pilihan "Change plan setting" pada bagian kanan. setelah itu akan muncul jendela "change setting for the plan" . Klik "change advanced power Setting" . lalu klik tanda (+) pada pilihan Battery, low battery level, dan critical battery level. Anda bisa merubah angka persentase yang anda inginkan.

Untuk Windows 8 :
Akses control panel melalui Start Screen, Apps, Control panel. lalu cari bagian Security dan power options. Langkah selanjutnya sama seperti Windows 7

4. Setelah itu, lakukan pengecasan pada kedaan baterai masih terisi penuh (bukan kosong atau low ). Lakukan pengecasan dalam waktu yang lama, bisa lebih dari 5 jam. Anda tidak perlu khawatir karena baterai tidak akan overcharged atau terbakar. Baterai laptop zaman sekarang sudah di lengkapi teknologi dimana proses charge akan berhenti dengan sendirinya apabila baterai penuh

5. Setelah itu bisa dilihat penambahan sekitar 1% dari sebelumnya, jadi untuk memperoleh 100% anda bisa lakukan hal ini berulang kali tergantung pengurangan baterai Laptop anda. Jika pengurangan Baterai sampai 20% kurang lebih membutuhkan waktu 20 hari. Jika pengurangan baterainya lebih banyak, maka dibutuhkan waktu yang lebih lama untuk memulihkannya. 

Ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan saat melakukan pengecasan. Jika laptop tidak dipakai, maka lakukan pengecasan dalam keadaan laptop mati (shut down) ini akan mempercepat proses regenerasi cell - cell pada baterai. Kami menyarankan untuk melakukan Charge pada malam hari ketika Anda tidur, sehingga keesokan harinya bisa dilihat hasilnya. Namun, jauhkan posisi laptop dari tempat Anda tidur, karena radiasi barang elektronik yang dekat tidak bagus ketika kita sedang tidur. Dan pastikan selalu listrik di rumah anda benar- benar stabil sebelum melakukan charge pada malam hari.
 
Demikian tips yang bisa kami berikan. Semoga bermanfat.

0 komentar:

Posting Komentar