Kamis, 08 November 2012

TIPS MEMILIH PRINTER

1. Tentukan jenis keperluan untuk PRINTER anda.
Disini anda harus membagi keperluan PRINTER, penggunaanya untuk di kantor, rumah, kuliah, atau untuk bisnis kecil-kecilan kamu.

Tujuan umum dari sebuah PRINTER adalah untuk mencetak teks, grafis, foto, dan label. Banyak Vendor yang sudah mengkelompokan PRINTER yang diproduksinya untuk keperluan teks, grafis, foto, bahkan label.



Ada banyak pertimbangan apakah itu INKJET atau LASER, apakah itu Single Fungsi atau Multifungsi. PRINTER Laser biasanya memiliki speed yang lebih kencang dan hasil yang tajam dari PRINTER INKJET, biasanya untuk kantor dan home bussiness banyak memakai printer ini. Untuk PRINTER INKJET keunggulannya yaitu dapat mencetak foto dengan kualitas yang tinggi dan biasanya harga PRINTER nya lebih murah dibanding PRINTER Laser.

Untuk biaya Operasional dapat menganut paham, PRINTER semakin MURAH Costnya akan mahal dibelakangnya, PRINTER semakin MAHAL Costnya akan MURAH dibelakangnya. Silahkan dicermati ya..

2. Apakah Anda perlu PRINTER Single Fungsi (Printer saja) atau PRINTER Multifungsi ?
Beberapa printer multifungsi juga menawarkan pilihan tambahan untuk pencetakan. Printer web diaktifkan, baik model di rumah dan kantor, dapat terhubung langsung ke internet melalui WiFi untuk mengakses dan mencetak konten yang dipilih tanpa perlu untuk bekerja melaui komputer. Beberapa model memungkinkan dokumen email terhubung ke printer, yang kemudian akan mencetak mereka.

3. Pertimbangkan apakah Anda hanya perlu untuk mencetak atau membutuhkan sesuatu yang lebih.
Misalnya untuk printer foto, kemampuan tambahannya bisa cukup memori untuk menyimpan ratusan foto, sehingga Anda bisa membawa printer dengan Anda, menampilkan foto Anda kemudian mencetaknya.

Printer untuk keperluan umum, kemampuan tambahan berarti memilih printer multifungsi atau juga dikenal sebagai All In One. Fungsi tambahan termasuk scanner, menyalin, fax dari PC Anda, fax mandiri dan scan ke email. Printer kantor juga biasanya menambahkan Automatic Document Feeder (ADF) untuk meng-scan dokumen dengan banyak halaman dan halaman ukuran legal.

Yang terakhir, pastikan untuk memeriksa total biaya kepemilikan. Total biaya kepemilikan ini berfungsi agar Anda dapat mengetahui apakah printer yang akan Anda beli irit atau tidak dan seberapa efisien dalam mencetak. Untuk mendapatkan biaya total kepemilikan, menghitung biaya per tahun untuk setiap jenis output (monokrom, dokumen warna, foto) dengan mengalikan biaya per halaman untuk jenis output dengan jumlah halaman tersebut Anda mencetak per tahun. Tambahkan tiga jumlah yang sama untuk mendapatkan total biaya per tahun. Kemudidan kalikan dengan jumlah tahun yang Anda harapkan untuk memiliki printer dan menambahkan biaya awal printer. Bandingkan biaya total kepemilikan tiap printer untuk mengetahui printer termurah dalam jangka panjang.

4. Apakah anda benar-benar membutuhkan warna?
Untuk printer rumah Anda mungkin perlu warna. Tapi untuk sebuah printer kantor, jika Anda tidak pernah mencetak apa pun kecuali surat-surat dan dokumen monokrom, tidak ada alasan untuk menghabiskan uang pada warna. Perlu diingat, bagaimanapun banyak warna laser dapat mencetak pada kualitas cukup tinggi untuk mencetak handout iklan Anda sendiri. Yang dapat menghemat uang dibandingkan mencetak dalam jumlah kecil di toko cetak.

5. Ukuran PRINTER
Pastikan Anda memilih ukuran printer sesuai dengan kebutuhan. Jika Anda hanya perlu untuk mencetak dokumen, printer dengan ukuran kecil sudah cukup.

6. Koneksi apa yang Anda gunakan?
Selain port USB, sebagian besar printer kantor dan beberapa printer rumah menggunakan port Ethernet, sehingga Anda dapat berbagi printer dengan mudah. Banyak juga yang memiliki kemampuan Wi-Fi. Bahkan sekalipun mereka tidak memiliki jaringan Wi-Fi, jika Anda memiliki akses wireless pada jaringan Anda, Anda dapat mencetak secara nirkabel ke printer yang terhubung dengan jaringan tersebut, apakah printer itu sendiri menawarkan koneksi nirkabel atau tidak.

7. Kualitas hasil cetakan apa yang Anda perlukan?
Printer memiliki kualitas output atau hasil cetakan yang berbeda-beda. Baik teks, grafiks dan foto bisa berbeda, karena kualitas tinggi untuk satu jenis output tidak selalu berarti kualitas tinggi untuk yang lain.

8. Kecepatan cetak PRINTER
Jika Anda hanya sering mencetak satu atau dua halaman, Anda mungkin tidak perlu printer yang cepat. Namun jika Anda mencetak banyak dokumen, kecepatan yang lebih penting, yang berarti Anda mungkin ingin sebuah printer laser. Printer laser mengklaim bahwa mereka sangat cepat dalam mencetak dokumen teks dan tidak memerlukan banyak waktu pemrosesan. Printer inkjet sering mengklaim mereka lebih cepat dari laser yang lebih mahal.

9. Berapa banyak Anda mencetak?
Jika Anda mencetak hanya beberapa halaman sehari, Anda tidak perlu khawatir tentang berapa banyak printer di rancang untuk mencetak. Perkirakan berapa banyak dan seberapa sering Anda mencetak. Kemudian pilihlah printer yang dirancang untuk mencetak banyak dan sering.

10. Pertimbangkan juga ukuran kertas minimum dan maksimum dan apakah Anda memerlukan duplex untuk mencetak pada kedua sisi halaman.

11. Berapa biayanya?
Yang terakhir, pastikan untuk memeriksa total biaya kepemilikan. Total biaya kepemilikan ini berfungsi agar Anda dapat mengetahui apakah printer yang akan Anda beli irit atau tidak dan seberapa efisien dalam mencetak.

Untuk mendapatkan biaya total kepemilikan, menghitung biaya per tahun untuk setiap jenis output (monokrom,

dokumen warna, foto) dengan mengalikan biaya per halaman untuk jenis output dengan jumlah halaman

tersebut Anda mencetak per tahun. Tambahkan tiga jumlah yang sama untuk mendapatkan total biaya per tahun.

Kemudidan kalikan dengan jumlah tahun yang Anda harapkan untuk memiliki printer dan menambahkan biaya awal printer.

Bandingkan biaya total kepemilikan tiap printer untuk mengetahui printer termurah dalam jangka panjang.
http://gudangprinter.com/en/content/11-tips-memilih-printer

********************************************
GemaCom Semarang - 024 746 2212
Pusat Service Laptop & Komputer
http://www.facebook.com/gemacom.gema
********************************************

0 komentar:

Posting Komentar