Selasa, 13 November 2012

Mac Mini Baru Gunakan "Fusion Drive"

KOMPAS.com - iPad Mini bukanlah satu-satunya produk Apple yang memiliki embel-embel "mini". Ada satu lagi perangkat mungil yang turut diperkenalkan Apple pada acara hari Selasa (23/10/2012) lalu, yaitu update termutakhir dari lini produk komputer desktop Mac mini.


Seperti saudaranya, iMac dan MacBook, komputer desktop dalam casing berukuran kecil tersebut kini dilengkapi dengan prosesor Intel Core i Generasi Ketiga atau Ivy Bridge dengan pemroses grafis terintegrasi Intel HD 4000.

Apple juga menanamkan metode storage bernama "Fusion Drive" pada Mac mini. Fusion Drive menggabungkan hard disk konvensional berkapasitas 1 TB atau 3 TB dengan SSD 128 GB.

Drive storage sendiri tetap dikenali sebagai satu partisi, meski sebenarnya terdiri dari dua perangkat hard disk dan SSD. Cara kerja teknologi Fusion Drive mirip dengan SSD caching yang telah diterapkan di PC Windows selama beberapa waktu, tetapi berbeda antara lain dalam hal penulisan di mana file ditulis ke SSD terlebih dahulu, baru kemudian ke hard disk sehingga kecepatan tulis lebih tinggi.

Aplikasi dan program yang sering diakses pengguna akan ditempatkan secara otomatis dalam SSD, sementara data tetap ditampung dalam hard disk. Peningkatan kinerja yang dihasilkan Fusion Drive diklaim mencapai 3.5 kali lipat dibandingkan kecepatan akses data hard disk konvensional.

Di situs Apple Store, Mac mini dijual mulai harga 599 dollar AS untuk model dengan prosesor dual core Intel Core i5 2.5 GHz, RAM 4 GB, dan hard disk 500 GB, tetapi model ini tidak memiliki Fusion Drive.

Model Mac mini yang bisa dilengkapi dengan Fusion Drive dijual seharga 799 dollar AS dan memiliki prosesor quad-core Intel Core i7 2.3 GHz, RAM 4 GB, serta hard disk/ Fusion Drive 1 TB.

Apple juga menyediakan model server dari Mac mini yang datang dengan sistem operasi OS X Server.
 ********************************************
GemaCom Semarang - 024 746 2212
Pusat Service Laptop & Komputer
http://www.facebook.com/gemacom.gema
********************************************

0 komentar:

Posting Komentar