Senin, 09 November 2015

Cara Mengatasi Memory Card atau Flashdisk Yang Minta Diformat

Kartu memory maupun Flashdisk merupakan salah satu media penyimpanan data yang sangat praktis, untuk dibawa dan digunakan. Namun, jika kita jarang menggunakan memory atau flashdisk tersebut, kadang akan terjadi masalah pada memory atau flashdisk tersebut. Hal yang sering terjadi adalah pada saat dibuka, memory atau flashdisk tersebut minta untuk diformat. Tentu saja hal ini bisa membuat kita kaget karena data yang mungkin sangat penting akan hilang jika kita menekan pilihan format tersebut. Untuk itu kali ini kami akan berbagi tips cara mengatasi atau memperbaiki flashdisk yang minta diformat saat dibuka, untuk menyelamatkan data yang terdapat didalam memory atau flashdisk Anda. 

Cara Mengatasi Kartu Memori atau Flashdisk Yang Minta Diformat Saat Dibuka,

 

Cara Memperbaiki Flashdisk dengan Command Prompt (CMD)
Langkah pertama yang bisa kita lakukan adalah dengan menggunakan command prompt (tombol Windows + R). Ketikkan CMD lalu tekan ENTER. Pastikan flashdisk atau memori card yang rusak ada di posisi drive mana (misalnya drive F). Maka ketikkan “F:” dan tekan ENTER di command prompt. Lalu ketikkan lagi “chkdsk /f” (tanpa tanda petik) untuk menjalankan prosedur pengecekkan dan repair.
Jika muncul notifikasi “CANNOT LOCK CURRENT DRIVE” dan windows ingin men-DISMOUNT, ketik Y. Tunggu prosesnya selesai dalam beberapa detik. Lama tidaknya proses tergantung pada kapasitas flashdisk. Jika ada error akan langsung terdeteksi dan akan memperbaikinya.
Kemudian jika saat menjalankan chkdsk /f pada command prompt ditemukan notifikasi “ACCESS DENIED AS YOU DO NOT HAVE SUFFICIENT PREVILAGE”, maka tutup command prompt yang telah dibuka tadi, lalu buka kembali via akses administrator

Cara Memperbaiki Flashdisk dengan ERROR CHECKING TOOL
Cara kedua yang juga cukup simple adalah dengan bantuan tool windows yaitu error checking windows tool. Caranya adalah dengan membuka explorer dengan shortcut WINDOWS + E. Kemudian kenali dulu drive yang bermasalah lalu klik kanan dan pilih PROPERTIES. Pada jendela properties, klik TOOL di bagian atas lalu tekan tomnol CHECK NOW. Tunggu sampai prosesnya selesai.

Cara Memperbaiki Flashdisk dengan Bantuan Software
Metode ini bisa dibilang adalah metode paling akhir dimana 2 metode di atas sudah tidak mampu lagi mengatasi. Ini terjadi bila flashdisk atau memory card benar benar sudah parah. Dengan metode ini, bisa jadi data milik kita tidak bisa kembali tapi media kembali normal, atau data kembali dalam keadaan tidak 100%.

Banyak software yang ada di pasaran dan kita bisa download secara gratis. Tinggal cari di search engine, contoh google. Software tersebut adalah: ICare Data, Recovery Profesional, Get Data Back, Recuva, dan lainnya.

Itulah beberapa contoh cara untuk memperbaiki flashdisk atau memory card yang minta format terus menerus. Semoga bermanfaat...

0 komentar:

Posting Komentar