Rabu, 07 Maret 2018

6 Cara Merawat Laptop Agar Awet dan Tidak Cepat Rusak

Anda pasti tidak ingin laptop yang baru anda beli cepat rusak karena kurangnya perawatan atau justru karena perawatan yang salah. Jika benar, anda pasti membutuhkan tips agar laptop anda awet Berikut kami berikan tips cara merawat laptop agar tidak cepat rusak.

1. Jangan Menaruh Laptop di Atas Kasur

Ini yang paling penting untuk merawat laptop agar awet. Jika anda menaruh laptop di atas kasur, sirkulasi udara di laptop tidak akan berjalan dengan lancar. Udara pembuangan akan sulit keluar karena tertahan badan kasur. Akibatnya, udara panas pembuangan tersebut berputar kembali ke dalam laptop kamu dan membuat komponen-komponen laptop semakin panas.

2. Jangan Mengangkat Laptop dalam Keadaan Menyala


Mengapa tidak boleh? Karena laptop yang dalam keadaan menyala, Harddisk-nya masih bekerja dan takutnya piringan Harddisk bisa tergores dan menyebabkan bad sector

3. Jangan Menutup LCD Laptop Setelah Digunakan


Sebenarnya boleh-boleh saja kalau laptop kamu masih dingin karena main di ruangan ber-AC atau pada waktu subuh hari. Yang tidak boleh adalah jika laptop anda masih dalam keadaan hangat atau bahkan panas.
Untuk merawat laptop agar tidak cepat rusak, hindari menutup LCD laptop langsung karena udara panas yang keluar dari permukaan keyboard akan langsung mengenai LCD dan dapat berakibat fatal pada LCD tersebut. Jika anda berada di sekolah atau di kantor yang tidak ber-AC atau udaranya panas, sebaiknya setengah jam sebelum jam pulang matikan dulu laptopnya.

4. Jangan Terlalu Sering Menggunakan Laptop untuk Bermain Game Berat


Tidak akan bermasalah jika yang anda mainkan adalah game-game ringan seperti Angry Birds atau Zuma. Yang jadi masalah laptop anda sering digunakan untuk memainkan game-game berat, seperti GTA V, Call off Duty Advanced Warfare, PES 2016, dan sebagainya. Jika kelamaan akan menyebabkan komponen laptop menjadi overheat dan baterai laptop bisa rusak/bocor.

5. Jauhkan benda bermagnet di sekitar Laptop


Jauhkan benda bermagnet di sekitar laptop, terutama HP milik anda. magnet dapat mempengaruhi kinerja kelistrikan di dalam komponen laptop sehingga dapat berbahaya bagi kesehatan laptop anda.

6. Bersihkan Laptop secara rutin

 

Nah, ini yang tidak boleh ketinggalan. Jangan lupa untuk selalu membersihkan laptop minimal 2 minggu sekali. Debu-debu yang menempel di komponen laptop dapat memperlambat kinerja laptop dan membuat laptop cepat panas. Adapun yang perlu dibersihkan antara lain, LCD, Keyboard, lubang sirkulasi udara, dan baterai. Jika anda mahir bongkar pasang laptop, anda juga bias membersihkan bagian dalam laptop anda.

Demikian tips yang bias kami berikan. Semoga bermanfaat….

0 komentar:

Posting Komentar