Rabu, 13 April 2016

Tes Kecepatan Performa Windows 10 vs Windows 8.1

Salah satu hal yang tidak disukai bila kita melakukan upgrade sistem operasi adalah penurunan performa atau peningkatan tuntutan memori yang diperlukan.  Padahal biasanya memang update sistem operasi ke versi berikutnya memerlukan peningkatan persyaratan hardware karena tentunya versi baru membawa lebih banyak fitur dan fungsi yang biasa juga diikuti peningkatan kebutuhan hardware yang diperlukan. Sehingga pada umumnya sistem operasi versi baru biasa akan berjalan lebih lambat pada spesifikasi hardware yang sama.  Namun apabila versi sistem operasi baru menjanjikan performa yang lebih cepat dari spesifikasi hardware yang sama, tentu adalah hal yang menggembirakan dan akan mendorong pengguna untuk tidak ragu untuk melakukan upgrade.
Sebagian orang pengguna Windows 7 maupun Windows 8.1 yang belum melakukan upgrade tentu ingin memastikan apakah pilihan untuk melakukan upgrade ke Windows 10 adalah keputusan yang tepat sehingga mereka tentu mencari informasi seperti apakah fitur baru atau performa yang ditawarkan oleh Windows 10.
Kali ini kami menyampaikan ringkasan hasil tes yang dilakukan oleh AVG, perusahaan sekuriti / keamanan komputer dan internet dari Ceko yang terkenal dengan software anti virusnya yang melakukan perbandingaan  kecepatan antara Windows 10 vs Windows 8.1 dalam beberapa hal, seperti waktu booting, performa dalam menjalankan aplikasi Office, dsb yang berguna bagi Anda yang ingin tahu perbandingan kecepatan antara Windows 8.1 dengan Windows 10 pada hardware yang sama.
Perangkat atau hardware yang digunakan adalah notebook Asus UX-501 yang memiliki prosesor Core i7, RAM 16GB dengan kartu grafis GeForce 960M GTX serta 128 GB SSD.
Berikut adalah rangkuman dari 6 aspek kecepatan dari tes yang dilakukan oleh AVG:
1. Waktu Startup/Booting PC:
waktu_booting_windows_10_vs_windows_8_1
Dari hasil tes, pemenangnya adalah Windows 10 dengan 8% waktu booting lebih cepat
2. Waktu start Internet Explorer
waktu_start_internet_explorer

Hasil: Peningkatan kecepatan waktu start Internet Explorer signifikan di mana Windows 10 50% lebih cepat dibanding Windows 8.1
3. Performa Browse Web, Menulis di Office, dan Video Chat
Test dilakukan dengan PCMark 8 yang menggunakan skenario penggunaan sehari-hari pada umumnya
performa_web_browser_video_chat
Hasilnya Windows 10 adalah pemenangnya walau hanya 1% lebih baik dari Windows 8.1
4. Performa Office 2013
performa_office_2013_windows_10_vs_windows_8_1Hasilnya: Windows 10 lebih cepat 8% dibanding Windows 8.1
5. Performa Grand Theft Auto V
performa_gta_v_windows_8_1_vs_windows_10
Hasilnya: Seimbang
6. Performa Adobe Creative Suite
adobe_cs_windows_10_vs_windows_8_1
Hasilnya: Windows 10 memiliki performa 17% lebih cepat
Untuk informasi detail tentang tes dan hasil tes secara lengkap bisa melihat sumber yang kami rangkum dengan klik pada link

sumber : beritateknologi.com

0 komentar:

Posting Komentar